Sabtu, 30 Mei 2009

KESEHATAN LINGKUNGAN

A. Pengertian Kesling
 Pengertian Lingkungan Menurut A.L. Slamet Riyadi (1976) adalah “Tempat pemukiman dengan segala sesuatunya dimana organismenya hidup beserta segala keadaan dan kondisi yang secara langsung maupun tidak dapat diduga ikut mempengaruhi tingkat kehidupan maupun kesehatan dari organisme itu.”
 Terdapat beberapa pendapat tentang pengertian Kesehatan Lingkungan sebagai berikut :
a. Pengertian Kesehatan Lingkungan Menurut World Health Organization (WHO) pengertian Kesehatan Lingkungan : Those aspects of human health and the theory and practice of assessing and controlling factors in the environment that can potentially affect health. Atau bila disimpulkan “Suatu keseimbangan ekologi yang harus ada antara manusia dan lingkungan agar dapat menjamin keadaan sehat dari manusia”.
b. Menurut HAKLI (Himpunan Ahli Kesehatan Lingkungan Indonesia) “Suatu kondisi lingkungan yang mampu menopang keseimbangan ekologi yang dinamis antara manusia dan lingkungannya untuk mendukung tercapainya kualitas hidup manusia yang sehat dan bahagia”.
c. Apabila disimpulkan Pengertian Kesehatan Lingkungan adalah “Upaya perlindungan, pengelolaan, dan modifikasi lingkungan yang diarahkan menuju keseimbangan ekologi pada tingkat kesejahteraan manusia yang semakin meningkat”.

Ruang Lingkup Kesehatan Lingkungan
 Kontribusi lingkungan dalam mewujudkan derajat kesehatan merupakan hal yang esensial di samping masalah perilaku masyarakat, pelayanan kesehatan dan faktor keturunan. Lingkungan memberikan kontribusi terbesar terhadap timbulnya masaah kesehatan masyarakat.
 Islam memandang, bahwa kesehatan merupakan nikmat dan karunia Allah SWT yang wajib disyukuri. Di samping itu sehat juga adalah obsesi setiap insan yang berakal, tak seseorang manusia pun yang tidak ingin selalu sehat, agar tugas dan kewajiban hidup dapat dilaksanakan dengan baik.
 “Kebersihan adalah sebagian dari pada iman” (HR. Imam Muslim)
 “Kewajiban setiap muslim adalah menggunaan satu hari dari tujuh hari untuk mencuci rambut dan badannya” (HR. Muttafaqun ‘alaihi).
 Proses Medis, Menjaga kesehatan dan obat-obatan dan Takdir Allah, katanya : “Wahai Rasulullah, apakah obat-obatan, usaha menjaga kesehatan. Persepsi yang keliru tentang takdir mengakibatkan sikap anti usaha dan tidak semangat terhadap upaya-upaya produktif. Dalam hal kesehatan dan proses medis, ada yang beranggapan salah satu bahwa usaha itu bertentangan dengan takdir (Ketentuan Allah).

B. Anjuran Islam Tentang Kebersihan
 Anjuran Islam untuk hidup bersih juga menunjukkan obsesi Islam untuk mewujudkan kesehatan masyarakat, sebab kebersihan pangkal kesehatan, dan kebersihan dipandang sebagai bagian dari iman. Itu sebabnya ajaran Islam sangat melarang pola hidup yang mengabaikan kebersihan, seperti buang kotoran dan sampah sembarangan, membuang sampah dan limbah di sungai/sumur yang airnya tidak mengalir dan sejenisnya, dan Islam sangat menekankan kesucian (al Thaharah), yaitu kebersihan atau kesucian lahir dan batin. Dengan hidup bersih, maka kesehatan akan semakin terjaga, sebab selain bersumber dari perut sendiri, penyakit seringkali berasal dari lingkungan yang kotor.
 Islam juga sangat menganjuran kehati-hatian dalam bepergian dan menjalankan pekerjaan, dengan selalu mengucapkan basmalah dan berdoa. Agama sangat melarang perilaku nekad dan ugal-ugalan, seperti bekerja tanpa alat pengaman atau ngebut di jalan raya yang dapat membahayakan diri sendiri dan orang lain. “Dan janganlah kamu menjatuhkan dirimu sendiri ke dalam kebinasaan” (Al Baqarah : 195). Hal ini karena sumber penyakit dan kesakitan, tidak jarang juga berasal dari pekerjaan dan resiko perjalanan. Sekarang ini kecelakaan kerja masih besar disebabkan kurangnya pengamanan dan perlindungan kerja. Lalu lintas jalan raya, darat, laut, dan udara juga seringkali diwarnai kecelakaan, sehingga kesakitan dan kematian karena kecelakaan lalu lintas ini tergolong besar setelah wabah penyakit dan peperangan.
 Jadi walaupun seseorang sudah menjaga kesehatannya sedemikian rupa, risiko kesakitan masih besar, disebabkan faktor eksternal yang di luar kemampuannya menghindari. Termasuk di sini karena faktor alam berupa rusaknya ekosistem, polusi di darat, laut dan udara dan pengaruh global yang semakin menurunkan derajat kesehatan penduduk dunia. Karena itu Islam memberi peringatan antisipatif : jagalah sehatmu sebelum sakitmu, dan jangan abaikan kesehatan, karena kesehatan itu tergolong paling banyak diabaikan orang. Orang baru sadar arti sehat setelah ia merasakan sakit.

C. Solusi terhadap masalah kebersihan
 Kebersihan tempat dan lingkungan menjadi hal penting untuk menciptakan kenyamanan orang di dalamnya dan mendukung kelancaran beragam aktifitas. Bahkan, bersih bagi sebagian perusahaan merupakan modal utama karena menyangkut daya tarik, citra, dan prestasi di samping faktor kesehatan.
 Krisbow yang merupakan merek andalan dari Kawan Lama telah lama terjun ke dalam penyediaan produk-produk konsumen, terutama untuk solusi masalah-masalah terkait kebersihan. Divisi Krisbow Kawan Lama mengadakan tur keliling ke beberapa kota antara lain Nusa Dua – Bali, Surabaya, Semarang, Solo dan Yogyakarta.
 Tur ini bertujuan untuk lebih memperkenalkan produk-produk solusi kebersihan (Cleaning equipment) Krisbow kepada para user seperti perusahaan, pengelolaan mal, hotel, sekolah, rumah sakit, serta pengelola tempat publik lainnya. Berlangsung mulai 28 Februari – 12 Maret, tur tersebut diisi berbagai kegiatan termasuk pameran dan bazaar produk Krisbow, seminar dan workshop, serta mengadakan pelatihan pendukung bagi para karyawan cabang di Toko Perkakas Krisbow (TPK) maupun Ace Hardware di kota-kota tujuan.



BY : ANONYMOUS

Tidak ada komentar:

Posting Komentar